Tips Investasi Properti Yang Menguntungkan

Share Now

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Properti dapat menjadi sebuah pilihan investasi dengan resiko yang lebih kecil. Ada beberapa tips investasi properti yang menguntungkan.

Tips Investasi Properti Yang Menguntungkan

Ada banyak pilihan untuk melakukan investasi. Kali ini kita akan sedikit sharing tentang tips investasi properti yang menguntungkan. Properti dapat menjadi sebuah pilihan investasi yang memberikan keuntungan besar dengan resiko yang relatif lebih kecil. Jika kita bandingkan dengan instrumen investasi seperti saham, dan reksa dana maka properti relatif lebih aman dari resiko penurunan nilai investasi.  

Setiap tahun  besaran lahan yang tersedia semakin berkurang, sedangkan demand atau permintaan akan lahan semakin bertambah. Dengan semakin bertambahnya permintaan, otomatis harga akan terkerek naik.

Khusus untuk Indonesia, kita memiliki jumlah penduduk dengan usia produktif yang cukup besar. Tentunya salah satu kebutuhan dari penduduk usia produktif ini ialah kebutuhan akan rumah/ tempat tinggal. Sehingga demand/permintaan untuk properti akan semakin tinggi. 

Agar sebuah investasi properti menguntungkan, kita harus menjual lebih tinggi dari harga beli. Nah apa saja  yang dapat mempengaruhi kenaikan harga dari sebuah properti? Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi harga properti kita. Mari kita simak satu per satu

5 faktor yang dapat mempengaruhi harga properti
5 faktor yang dapat mempengaruhi harga properti

Hukum Ekonomi: Permintaan vs Penawaran

Kita tahu bahwa salah satu hukum dasar ekonomi adalah hukum permintaan dan penawaran, hukum supply dan demand. Harga akan selalu dipengaruhi oleh permintaan dan juga penawaran. Jika barang yang ditawarkan lebih sedikit dibandingkan permintaan maka tentu harga akan cenderung meningkat. 

Demikian juga sebaliknya jika barang yang ditawarkan lebih banyak daripada tingkat permintaan maka tentunya harga yang cenderung tetap bahkan cenderung turun.  Walaupun dalam dunia properti tentunya penurunan harga ini jarang terjadi. Jadi sebaik apapun properti yang ditawarkan, jika jumlah supply properti yang ingin dijual jauh lebih tinggi daripada tingkat permintaan maka harga akan sulit naik. 

Selain dari jumlah supply yang akan ditawarkan, kita harus juga cek jumlah supply properti di daerah tersebut. Jika di sekeliling project properti tersebut sudah terdapat banyak project properti yang ditawarkan, kemungkinan besar harga akan cenderung sulit untuk bergerak naik.  

Lokasi, Lokasi, Lokasi

Ya inilah salah satu hal terpenting di dunia properti yaitu lokasi, lokasi, lokasi. Apa yang  membuat lokasi ini begitu penting? Ada beberapa hal yang membuat lokasi itu penting misalnya pertama kemudahan akses, sarana prasarana dan juga fasilitas sekeliling. Jika kita membeli sebuah properti tentunya kita ingin sebuah tempat dengan lokasi yang mudah di akses mudah dijangkau. Sebuah lokasi dengan banyak pilihan transportasi misalnya ada berbagai pintu masuk ada akses tol dan dekat dengan jalur transportasi umum dan sebagainya. 

Selain akses yang penting dari sebuah properti juga adalah fasilitas pendukung di wilayah tersebut. Fasilitas pendukung ini dapat berupa pusat perbelanjaan, mini market, pusat bisnis, perkantoran, pasar, rumah sakit, sekolah, bengkel, puskesmas, dll. Ini adalah salah satu hal yang membuat kawasan seperti BSD City menjadi sangat diminati, karena di wilayah BSD ini memiliki fasilitas penunjang yang sangat lengkap. Selain itu, kawasan seperti JGC (Jakarta Garden City) juga diminati, karena kawasan ini memiliki fasilitas penunjang yang lengkap. 

Bicara mengenai lokasi ini tentunya bisa panjang lebar, nanti akan kita bahas di tips selanjutnya.

Prospek Masa Depan

Dari 2 point diatas, mungkin point ini yang akan menggerakkan harga properti di masa depan dengan porsi terbesar. Sebuah kawasan yang tidak ada pengembangan di masa depan, tentunya peningkatan harga akan sangat lambat bahkan cenderung stagnan. Akan tetapi, jika sebuah wilayah itu aktif dan banyak terjadi perkembangan, tentunya akan berpengaruh di harga. 

Sebagai contoh, daerah Alam Sutera setelah akses tol Merak rampung, harganya meningkat signifikan lebih dari 30%. Contoh lain ialah daerah JGC di Jakarta Timur. Setelah akses tol baru rampung, harga naik signifikan. Jadi akses tol adalah penggerak harga yang signifikan. 

Contoh lain ialah jika dibangun pusat perbelanjaan. Pembangunan pusat perbelanjaan dapat meningkatkan harga properti. Sebagai contoh, di daerah JGC (Jakarta Garden City) saat pembangunan AEON Mal JGC rampung, maka terjadi kenaikan harga properti secara signifikan. Saat ini sedang terjadi pembangunan IKEA di daerah JGC yang tentunya akan meningkatkan harga properti di daerah JGC (Jakarta Garden City) di masa depan. Jadi jika Anda ingin investasi properti yang menguntungkan, carilah wilayah yang ada pengembangan konsisten seperti BSD, Alam Sutera dan JGC (Jakarta Garden City).

Kondisi Ekonomi

Sebenarnya kalau kita berbicara properti, ada yang kita sebut siklus properti. Siklus properti ini berkaitan dengan kondisi ekonomi. Jadi ada kalanya kondisi ekonomi baik kita sebut ekspansi ekonomi dan ada kalanya kondisi ekonomi kurang baik, yang kita sebut resesi. Saat kondisi ekonomi sedang membalik dari bottom menuju puncak, maka biasanya banyak terjadi pembangunan. Nah di saat ini biasanya waktu yang baik untuk membeli properti. 

Saat market ekspansi ini, biasanya aura ekonomi positif, ada optimisme terhadap ekonomi, dan juga suku bunga lebih rendah. Nah di saat ini biasanya banyak orang-orang juga mencari properti. Salah satu Tips investasi properti yang menguntungkan, belilah saat kondisi ekonomi berada di pembalikan menuju puncak. 

Harga Developer

Developer biasanya memasarkan sebuah properti secara bertahap. Sebagai contoh project Riviera Puri oleh developer Keppel Land, dipasarkan dalam 3 tahap. Biasanya setiap ada peluncuran tahap baru/ phase baru, developer akan melakukan price adjustment. Nah ini juga menjadi kesempatan bagi investor properti untuk menikmati potensi property gain. 

Salah satu yang disarankan oleh pakar marketing dan properti Tung Desem Waringin dalam seminar propertinya; beliau menyarankan jika kita ingin investasi di properti, maka belilah properti tersebut di tahap awal bahkan di tahap pre-launching. Lalu, “ikut jualan” saat project tersebut rampung, atau jual di tahap/phase pemasaran berikutnya. Misalnya beli di tahap 1, atau sebelum tahap 1. Lalu jual di tahap 2, atau di tahap 3. 

Biasanya dengan melakukan hal seperti ini, investor dapat menikmati property gain dengan resiko yang lebih minimal. Tapi tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih properti, agar tidak “terjebak” di properti yang salah. Tapi ini akan kita bahas di lain waktu. 

Jangan Lewatkan Peluang Investasi Ini

Kabar baik untuk para investor properti. Akan ada🔥 Peluang Investasi Properti Terbaik di Oktober 2019.🔥

Sebuah project properti baru yang akan launching bulan oktober 2019. Early Bird is welcome. NUP sudah dibuka, dapat segera hubungi kami di 0821-1240-9421

Quick Facts:

  • Lokasi: Jakarta Timur, dekat Kelapa Gading
  • Kawasan: Sebuah kawasan terpadu dan modern di JGC, Jakarta Timur
  • Developer: Keppel Land (Singapore)
  • Spek: rmh tinggal 2 lantai,start ukrn plg kcl:
    • 7m x 12m: 84 m2
    • 7m x 15m: 105 m2
    • 9m x 16m: 144 m2

Harga start 1.499M

Kawasan di develop secara modern, terdapat AEON mal dan IKEA (2020)

  • Akses tol baru (tol Tanjung Priuk)
  • Akses jalan ke kelapa Gading
  • Berdampingan dengan Project JGC, dan juga Asya JGC (Astra Hongkongland), saat ini harga rumah di Asya dengan ukuran sama dijual  2.7M. Artinya ada potensi untuk gain properti lebih dari 50% dari tahap 1 ke tahap 3. 
Share This Story:
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Cek Juga Properti Baru Lainnya